Home » , » Kiat dan Tips Membuka Usaha Salon Rambut

Kiat dan Tips Membuka Usaha Salon Rambut

 Kiat dan Tips Membuka Usaha Salon Rambut

Pada era saat ini, dengan model gaya rambut anak muda yang selalu baru dan terkadang ikut2an dengan gaya korea serta yang lain, Nah, sebuah peluang usaha Bila Anda memiliki bakat atau passion terhadap hairstyling (penata rambut) maka bisnis yang tepat adalah salon rambut. Ya, karena dengan membuka salon rambut, keahlian, bakat dan hobi akan tersalurkan dengan baik plus Andapun bisa meraih pendapatan..! Lagian g mungkin kalau mau buka bengkel mobil... hehe..:D


Banyak yang beranggapan membuka salon itu membutuhkan modal yang besar. Namun sebenarnya tidak demikian. Meskipun dengan budget atau modal yang pas-pasan bukan tak mungkin untuk dibuka. Yang paling penting kan NIAT serta didukung dengan keahlian di bidang tata rambut.

" Jangan Takut Gagal, Takutlah Karena Tak Pernah Mencoba "


Berikut  Kiat dan Tips Membuka Usaha Salon Rambut :

1. Ketahui pilihan Anda
Salon rambut bisa dibuka dengan tiga cara. Pertama, dengan membeli lisensi franchise salon yang telah memiliki nama. Kedua, membeli salon yang telah berada diujung kebangkrutan sehingga pemilik berniat untuk menjual bisnisnya. Ketiga, dengan mendirikannya sendiri. Perlu diketahui, masing-masing pilihan tentu memiliki risiko dan tantangannya sendiri. 

2. Menentukan tempat usaha
Tentukan tempat yang akan Anda pakai untuk salon rambut, apakah ingin menyewa atau membeli bangunan sebagai tempat berdirinya salon rambut tersebut. 

3. Pilih lokasi dengan bijak
Lokasi sangat berperan terhadap kemajuan bisnis. Begitu pula dengan bisnis salon rambut ini. Jadi, carilah lokasi yang benar-benar strategis. Lakukan riset sebelum menentukan lokasi, misalnya dengan mencari tahu apakah lokasi itu mempunyai persaingan yang ketat, berapa jumlah salon rambut yang ada di sekitar lokasi dan di manakah lokasi yang akan Anda bidik. Apakah di perumahan atau di pertokoan.

4. Pertimbangkan jasa yang ingin Anda jual
Jabarkan servis apa saja yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen. Umumnya, salon rambut juga identik dengan perawatan rambut, perawatan kuku dan kulit serta wajah. Bila modal dan tenaga kerja terbatas, Anda bisa memulainya dengan menawarkan jasa perawatan rambut sebagai permulaan merintis bisnis. Bila sudah berkembang dan jumlah pelanggan meningkat, segeralah ekspansi produk.

5. Tentukan harga
Lakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum menetapkan harga.

6. Rekrut pekerja
Jumlah tenaga kerja yang akan Anda rekrut bisa disesuaikan dengan jenis layanan yang Anda tawarkan kepada konsumen. Pilihlah tenaga kerja yang berkualitas dan memiliki passion yang sama dengan Anda sehingga bisnis bisa berkembang. Berikan pelatihan kepada pegawai untuk mengasah ketrampilan serta keahlian mereka. 

7. Beli perlengkapan
Rinci sejumlah perlengkapan dasar yang dibutuhkan dan beli sesuai kebutuhan. Anda bisa melakukan kerja sama dengan pemasok produk perawatan rambut untuk mendapatkan harga yang relatif terjangkau.

8. Ikuti trend
Sama dengan bisnis kecantikan lainnya, salon rambut juga harus mengikuti tren yang sedang berlangsung. Agar wawasan Anda terhadap bidang perawatan rambut senantiasa update, ikuti terus perkembangan mode rambut serta hal-hal yang berkaitan dengan perawatan rambut demi kemajuan bisnis Anda. Jangan lupa untuk mengembangkan jaringan atau networking untuk menjaring relasi.

Prospek bisnis salon rambut masih potensial untuk dikembangkan. Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap penampilan serta kecantikan rambut mereka, usaha salon rambutpun juga dinilai prospektif.

Jadi tunggu apalagi?



Kiat dan Tips Membuka Usaha Salon Rambut
Share this article :
uang blogging